5 Hal Mengenai Ilmu Kahadiran Yang Mungkin Belum Diketahui

5 Hal Mengenai Ilmu Kahadiran Yang Mungkin Belum Diketahui

Ilmu kahadiran. Indonesia atau Nusantara adalah negeri yang sangat kaya-raya dalam banyak hal. Dari jumlah pulaunya, jumlah kekayaan alamnya, jumlah suku bangsanya, jumlah bahasanya, dan lain-lain. Selain dari itu Nusantara juga sangat kaya dengan kebudayaan mistiknya. Dari mistik yang berkaitan dengan bela diri hingga pengobatan.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai kebudayaan mistik dari  sisi ilmu para leluhur  Nusantara. Yaitu membahas salah satu ilmu leluhur yang dalam masyarakat Jawa Barat kenal dengan sebutan ilmu kahadiran. Selamat membaca.

Apa Itu Ilmu Kahadiran ?

Kahadiran secara bahasa dapat berarti kehadiran, atau kedatangan.

Secara praktek ilmu kahadiran adalah pelaksanaan suatu ritual khusus untuk menghadirkan, mendatangkan, atau mengundang suatu entitas kesadaran khusus ke dalam dimensi kesadaran manusia. Dalam banyak kasus, entitas kesadaran yang diundang biasanya dimasukan ke dalam tubuh seorang perantara.

Dalam praktek era kekinian ilmu kahadiran sering digunakan untuk mendatangkan suatu kesadaran aktif dalam bidang ilmu beladiri, ilmu sejarah, dan kadang untuk sekedar media hiburan dalam acara televisi.

Dalam bidang beladiri. Ketika seseorang menggunakan ilmu kahadiran, semisal dia mengundang entitas kesadaran kungfu, maka walaupun si pengundang pada dasarnya tidak memiliki  latar belakang dalam ilmu kungfu, dalam sekejap dia bisa menyerang dan bertahan dengan skill kungfu.

Jika dia mengundang entitas kesadaran Jiu Jitsu, maka walaupun si pengundang pada dasarnya tidak memiliki  latar belakang dalam ilmu beladiri Jiu Jitsu, dalam sekejap dia bisa menyerang dan bertahan dengan skill Jiu Jitsu. Dan lain-lain.

Dalam bidang ilmu sejarah. Ketika seseorang menggunakan ilmu kahadiran, semisal dia ingin mengetahui sejarah kota Jakarta, maka si pengundang menghadirkan atau mendatang suatu entitas kesadaran dari alam ghaib (baca sisi dimensi lain alam Jakarta) ke dalam dimensi kesadaran manusia.

Kemudian ketika entitas kesadaran tersebut telah hadir, dimasukan ke dalam tubuh sang perantara, entitas kesadaran tersebut dapat diajak berdialog mengenai sejarah kota Jakarta. Dan lain-lain.

Dalam bidang hiburan televisi. Mungkin para pembaca sudah banyak yang menonton acara-acara televisi bertema supranatural yang banyak menampilkan seseorang seolah-olah dimasukan entitas kesadaran yang sering disebut sebagai Jin atau makhluk halus lainnya. Kemudian diajak berdialog oleh seseorang yang katanya ahli dalam bidang supranatural untuk diajak berdialog. Dan lain-lain.

Ilmu Kahadiran Pada Asalnya

Ilmu Kahadiran pada masa para leluhur sejatinya adalah suatu ilmu yang dimiliki oleh para sepuh atau tetua suatu kelompok masyarakat. Ilmu ini diwariskan secara turun temurun dari tetua sebelumnya kepada tetua sesudahnya.

Penggunaan ilmu ini pada masa itu dibagi sesuai kebutuhan masyarakat yang ada. Masyarakat membentuk suatu majelis khusus yang dipimpin oleh sang tetua. Kemudian dalam majelis tersebut diadakan pemilihan pembagian wakil keahlian. Semisal masyarakat tersebut membutuhkan wakil ahli dalam bidang pengobatan, keamanan, pemburu, petani, nelayan, dan lain-lain.

Maka ketika dalam majelis tersebut sudah terpilih tiap wakil bagi suatu bidang dan masyarakat menyetujuinya. Maka akan dipilih satu waktu  khusus pengadaan ritual kahadiran.

Dimana dalam ritual ini tiap wakil yang sudah terpilih dalam bidangnya akan dihadirkan. Kemudian sang tetua dengan ilmunya akan menghadirkan entitas-entitas kesadaran khusus yang dibutuhkan untuk datang ke dalam dimensi kesadaran manusia, kemudian dimasukan ke dalam tubuh tiap-tiap wakil pilihan.

Pembagian Keahlian Ilmu Kahadiran

Ketika para wakil ahli sudah diisi dengan entitas kesadaran sesuai dengan bidangnya, maka:

Wakil Ahli Pengobatan

Pada masa dimana sekolah atau kuliah kedokteran belum ada, pada masa alat-alat penelitian pada bidang ini belum tercipta, para leluhur menggunakan ilmu kahadiran untuk mengatasi masalah ini.

Orang yang telah diisi kahadiran pengobatan, maka walau tanpa latar belakang ahli pengobatan, orang ini akan secara bertahap dari hari ke hari semakin ahli dalam bidang pengobatan, kemudian dapat dan menciptakan obat-obat beserta alat-alat penelitiannya.

Wakil Ahli Keamanan

Pada masa dimana sekolah, kuliah,dojo, dan lain-lain dalam bidang keamanan belum ada, pada masa alat-alat penelitian pada bidang ini belum tercipta, pada masa dimana dojo-dojo beladiri belum terpikirkan, para leluhur menggunakan ilmu kahadiran untuk mengatasi masalah ini.

Orang yang telah diisi kahadiran keamanan, maka walau tanpa latar belakang ahli keamanan, orang ini akan secara bertahap dari hari ke hari semakin ahli dalam bidang keamanan, kemudian dapat dan menciptakan metode-metode pengamanan yang  sesuai dengan daerahnya.

Mampu menciptakan jurus-jurus beladiri untuk menyikapinya gangguan yang akan datang. Kemudian pula dapat menciptakan alat-alat keamanan dan alat-alat beladiri.

Wakil Ahli Pertanian

Pada masa dimana sekolah dan kuliah dalam bidang pertanian belum ada, pada masa alat-alat penelitian pada bidang ini belum tercipta, pada masa dimana alat-alat pendukung pertanian belum terpikirkan, para leluhur menggunakan ilmu kahadiran untuk mengatasi masalah ini.

Orang yang telah diisi kahadiran pertanian, maka walau tanpa latar belakang ahli pertanian, orang ini akan secara bertahap dari hari ke hari semakin ahli dalam bidang pertanian.

Kemudian menciptakan metode-metode pertanian yang  sesuai dengan daerahnya. Mampu menciptakan teori-teori pertanian untuk menyikapinya keadaan pangan yang akan datang. Kemudian pula dapat menciptakan alat-alat pertanian dan yang berhubungan dengannya.

Dan Lain-lain

Selain dari bidang keahlian di atas, masih banyak bidang keahlian yang diperlukan oleh masyarakat. Akan tetapi tiap-tiap bidang keahlian tentunya disesuaikan dengan keperluan atau kebutuhan masyarakat tersebut.

Dengan ilmu kahadiran, masyarakat masa dahulu telah mampu menganalisa kemudianb memprediksi keahlian apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat mereka, dan kemudian mereka menyiapkannya.

Jadi dengan adanya ilmu kahadiran, masyarakat ini mampu bertahan hidup dimanapun mereka berada.

Walaupun harus berpindah-pindah tempat hidup, ilmu kahadiran sudah disiapkan oleh para tetua dari masa purba untuk menyikapi apapun yang akan terjadi dan dihadapi.

Asal Kekuatan

Berbeda dengan apa yang dikenal oleh masyarakat pada umumnya era kini, dimana ilmu kahadiran dinilai menghadirkan atau mendatangkan jin atau makhluk halus dalam ritualnya. Pada sejatinya pada masa awalnya tidak seperti itu.

Pada masa awal kelahiran ilmu kahadiran, ilmu ini diciptakan untuk mengundang atau menghadirkan potensi manusia yang memang sudah ada dalam diri manusia. Semua potensi manusia dalam segala bidang telah ditanamkan oleh Sang Maha Pencipta sejak awal penciptaan.

Semua potensi ini ditanamkan Sang Maha Pencipta di dalam entitas pusat hidup manusia yaitu nyawa. Hanya saja ada manusia yang mampu menggalinya dan ada yang tidak.

Nah fungsi dari ilmu kahadiran ini adalah memanggil keluar potensi tersebut untuk hadir sebagai sebuah kesadaran mapan yang kemudian di-serep-kan ke dalam kesadaran manusia yang terpilih.

Yang jika berhasil, maka potensi-potensi khusus manusia yang pada awalnya masih bibit dalam bentuk file compres (seperti sejumlah file doc dan pdf yg dijadikan file zip atau rar)  di extract (unzip atau unrar) oleh ilmu kahadiran menjadi sebuah entitas kesadaran mapan yang sudah siap pakai, kemudian diisikan ke dalam kesadaran manusia terpilih untuk digunakan dalam kehidupannya.

Jadi tidak ada jin atau makhluk halus lain yang diundang atau dihadirkan dalam ritual ilmu kahadiran. Yang ada adalah proses extract file potensi bibit yang sudah ada dalam nyawa manusia, untuk dapat digunakan dalam kehidupan manusia sesuai dengan kebutuhan manusia tersebut.

Karena Yang Maha Pencipta menitipkan bumi kepada manusia untuk dikelola lengkap dengan alat untuk mengelolanya. Tidak asal kirim, asal menitipkan, dan asal memberikan tugas tanpa memberi alat-alat yang menjadi sarana pendukung bagi yang diberi tugas dalam melaksanakan tugasnya. Mungkin kelak sains (dengan terminologi masa kini) akan mampu menggapai ilmu kahadiran, entah puluhan atau ratusan tahun mendatang.

Contoh Ilmu Kahadiran

Contoh yang akan saya bawakan berasal dari kehidupan nyata dan juga fiksi. Yang saya rasa mampu menyampaikan pesan yang saya maksud. Berikut contoh-contohnya.

Contoh Dalam Dunia Nyata

Pergantian Kepala Suku Di Afrika

Pada sebuah acara televisi di Discovery Channel beberapa tahun yang lalu, saya pernah menonton mengenai proses pergantian kepala suku disebuah daerah di Afrika. Dimana proses pergantian kepala suku ini sangat aneh dan tidak masuk akal jika dinilai oleh pengetahuan umum. Karena calon kepala suku yang akan menjadi kepala suku berikutnya itu harus ‘mati’ terlebih dahulu.

Dalam episode yang saya tonton calon kepala suku berikutnya adalah perempuan. Nah sang perempuan ini kemudian ‘dibunuh’ dalam suatu ritual kemudian jasadnya dimasukan ke dalam sebuah peti mati, terus dimakamkan di suatu tempat oleh masyarakatnya.

Beberapa bulan kemudian masyarakat beserta kepala suku yang akan digantikan mendatangi tempat dimana jasad calon kepala suku tersebut dimakamkan, peti mati diambil, mereka melaksanakan sebuah ritual, dan ajaib, sang perempuan calon kepala suku yang sudah ‘dibunuh’ tersebut hidup kembali.

Kemudian sang kepala suku yang akan menggantikan mengetes sang perempuan calon kepala suku yang baru saja bangun dari kematian tersebut, sang kepala suku mengetes sang perempuan calon ini tentang pengetahuan-pengetahuan yang hanya diketahui oleh para tetua.

Dan luar biasanya, yang pada awalnya perempuan muda ini sebelum ritual kematiannya tidak mengetahui sama sekali tentang pengetahuan tersebut, setelah bangkit dari kematiannya dengan sangat lancar mampu memaparkan pengetahuan-pengetahuan yang khusus diketahui oleh para tetua.

Sayangnya saya belum menemukan link yang menuju ke episode ini. Hanya saya ingat detailnya karena saya menontonnya beberapa tahun yang lalu.

Saya Alami Sendiri

Ini adalah pengalaman saya sendiri. Pengalaman ini saya sadari justru beberapa tahun belakangan.

Ketika saya dipertemukan dengan almarhum Abah, tujuan awal saya ya cuma ngaji saja, ngaji mengenai ilmu kehidupan, agama, dan lain-lain. Cuma Abah ini memang aneh dan ngeselin, karena  setiap saya tanya mengenai sesuatu beliau tidak pernah menjawab, malah ngajak ngobrol ngalor ngidul. Dan anehnya saya betah diajak ngobrol ngalor ngidul tersebut. Tapi pas pulang kesel karena nanya gak dijawab.

Tetapi jawaban pengetahuan dari pertanyaan yang saya tanyakan sebelumnya akan saya ketahui diluar kepala ketika beberapa saya telah pulang dari rumah Abah. Kejadian seperti itu terus berulang.

Tapi apakah saya langsung mempercayai pengetahuan-pengetahuan yang tiba-tiba saya hafal tersebut, tidak sama sekali, saya tidak mempercayai itu. Bahkan sampai Abah wafat saya berada dalam ketidak-percayaan tersebut.

Saya mulai mempercayai pengetahuan-pengetahuan tersebut ketika Abah sudah wafat. Karena saya bingung mesti nanya siapa, mulailah saya banyak membaca buku dari berbagai genre, mulai dari novel sains,  buku teknologi, kitab dan buku tasawuf, dan lain-lain.

Keanehan mulai terjadi. Saya yang sama sekali tidak memiliki latar belakang pesantren, dengan ajaib mampu membaca dan paham kitab arab gundul. Bukan hanya itu, setiap syarah dari kitab-kitab yang saya baca ternyata itu adalah pengetahuan-pengetahuan yang dulu sudah saya hapal diluar kepala tapi tidak saya percaya. Lha siapa yang percaya sesuatu yang tiba-tiba ada dalam kepala lalu hapal dengan sempurna tanpa tahu darimana asalnya. Percaya atau tidak, tapi saya alami itu. Semoga tenang disana Bah.. dan  sungkem juga  terimakasih tak terhingga untukmu.

Contoh Dalam Kisah Fiksi

 

Peter Parker yang pada awalnya hanya seorang pemuda biasa, tiba-tiba saja setelah digigit laba-laba tersebut menjadi seorang manusia yang mempunyai kekuatan luar biasa. Mengenai kekuatan apa saja yang dimiliki Spiderman para pembaca dapat kunjungi artikel saya yang berjudul Spiderman dan 10 kekuatan supernya.

Dan untuk contoh lainnya dalam kisah fiksi adalah kisah para mutan dalam X-men, para inhuman pimpinan Black Bolt, Daredevil, dan lain-lain.

Semoga contoh-contoh di atas dapat memberi pemahaman dasar mengenai ilmu kahadiran.

Kesimpulan

Dalam artikel ini sudah kita ketahui bersama mengenai ilmu kahadiran. Bahwa kahadiran secara bahasa dapat berarti kehadiran, atau kedatangan. Secara praktek ilmu kahadiran adalah pelaksanaan suatu ritual khusus untuk menghadirkan, mendatangkan, atau mengundang suatu entitas ke dalam dimensi kesadaran manusia.

Kemudian pada ilmu kahadiran pada masa para leluhur sejatinya adalah suatu ilmu yang dimiliki oleh para sepuh atau tetua suatu kelompok masyarakat. Ilmu ini diwariskan secara turun temurun dari tetua sebelumnya kepada tetua sesudahnya. Penggunaan ilmu ini pada masa itu dibagi sesuai kebutuhan masyarakat yang ada.

Kemudian pada masa awal kelahiran ilmu kahadiran, ilmu ini diciptakan untuk mengundang atau menghadirkan potensi manusia yang memang sudah ada dalam diri manusia. Semua potensi manusia dalam segala bidang telah ditanamkan oleh Sang Maha Pencipta sejak awal penciptaan.

Semua potensi ini ditanamkan Sang Maha Pencipta di dalam entitas pusat hidup manusia yaitu nyawa. Hanya saja ada manusia yang mampu menggalinya dan ada yang tidak. Jadi tidak ada hubungannya dengan jin dan makhluk halus lainnya.

Kemudian saya telah saya hadirkan beberapa contoh sebagai gambaran umum dari ilmu kahadiran.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan, menjadi penambah pengetahuan bagi yang belum tahu, menjadi pengingat kembali bagi yang sudah tahu, menjadi daras bersama bagi yang sudah hapal, dan menjadi bacaan iseng bagi yang suka iseng baca.

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya, salam damai selalu dan selamat bermistik ria.

Cheers… KLepus… whuUuZz

error: Content is protected !!